Review Kamera Mirrorless Terbaik 2022: Nikon Z9 Indonesia

Nikon Z9 adalah pionir kamera mirrorless Nikon  yang ditunggu-tunggu oleh para fotografer alam dan olahraga profesional. Teknologi mirrorless Nikon, flagship full-frame yang menghilangkan stick Nikon D6 dan membawa akhir dari Nikon Pro DSLR ke Z9, merupakan lompatan besar bagi Canon dan Sony.

Yang paling menonjol dari Nikon Z9 adalah kamera profesional pertama yang beroperasi tanpa penutup mekanis. Yapps betul tirai fisik tidak bergerak ke atas dan ke bawah di depan sensor saat  mengambil gambar. Artinya, NIKON Z9 tercepat didukung oleh shutter elektroniknya. Ini adalah pernyataan  berani dari kepercayaan Nikon pada sensor CMOS full-frame 45.7MP yang baru dan prosesor Expeed 7. Bersama-sama, kedua fitur ini memberikan apa yang diklaim Nikon sebagai “kecepatan pemindaian sensor tercepat di dunia”, yang memengaruhi video dan gambar diam.

Hasilnya adalah kamera hibrida yang sangat kuat yang terletak di antara Canon EOS R3 (dengan sensor CMOS tumpukan BSI 24,1 MP) dan Sony A1 (pembangkit tenaga full frame 50,1 MP).

Gaya DSLR Z9  akrab bagi mereka yang upgrade dari  Nikon D5 atau Nikon D850. Nikon Z9 memiliki kemampuan untuk merekam video 8K / 30p (dan mode 8K / 60p saat bepergian) dan termasuk dalam  kelompok kamera mirrorless terpilih yang mampu merekam pada resolusi tinggi ini.

Pembuat film juga dapat memanfaatkan fitur seperti Eye AF saat memotret. Singkatnya, Z9 adalah alat video yang jauh lebih baik daripada Nikon D6. Tetapi seberapa akurat Nikon Z9 dan apakah benar-benar sebanding dengan Canon dan Sony dalam hal teknologi mirrorless profesional? Simak sampai beres ya!

 

Review Kamera Mirrorless Terbaik 2022: Nikon Z9 Indonesia

Design

Nikon Z9 adalah kamera mirrorless tradisional yang dirancang untuk menghapusnya dari kamera DSLR.  Di tangan, rasanya seperti kamera andalan Nikon yang kokoh dan mulus secara ergonomis. Dengan desain kuno, bodi Z9 20% lebih kecil dari Nikon D6 yang kokoh, tetapi genggamannya yang dalam dan nyaman membuatnya ideal untuk bidikan horizontal dan vertikal.

Baca Juga  Rekomendasi Sektor-sektor Saham Pilihan Tahun 2022 Ter-Atas, Investor WAjib Simak!

Info tampilan pada Nikon Z9 juga sedikit berputar saat Anda beralih ke mode potret untuk mencegah leher Anda menjulur. Selain itu, menu Nikon Z6II dan Z7II kembali dengan akses  cepat ke 12 fitur yang dapat disesuaikan seperti ISO, white balance, dan peralihan antara Raw dan JPEG.

Salah satu kelemahan Nikon Z9, yang tidak memiliki rana mekanis, adalah sensornya tidak  memiliki penutup debu bawaan. Oleh karena itu, Nikon telah menambahkan pelindung sensor baru yang akan jatuh saat lensa dilepas. Seperti Nikon D6, tombol belakang Z9  menyala untuk menemukannya dalam gelap, tetapi Anda dapat mematikannya jika  ingin  lebih menonjol.

 

Fotomatis dan perekaman

Nikon Z9 dapat mengenali hingga 10 subjek  berbeda dalam satu gambar dan melacak semuanya satu per satu. Ini perlu diuji untuk melihat apakah ini sesuai, tetapi ini bisa menjadi alat yang berguna bagi para profesional yang merekam adegan dengan topik campuran.

Dalam hal kinerja fokus otomatis, Nikon Z9 adalah lompatan besar bagi Nikon Z7 II, memberikan titik AF fokus otomatis lima kali lipat dari kamera ini. Ini adalah titik AF yang dapat secara otomatis mendeteksi dan memfokuskan subjek di foto. Dan Nikon mengklaim bahwa NIKON Z9 memberikan subjek yang lebih baik di seluruh area gambar daripada flagship Nikon D6 sebelumnya. Sekali lagi, kita perlu menjalankan beberapa tes  nyata untuk memastikan hal ini.

 

Spesifikasi dan fitur

Sensor CMOS full-frame 45.7MP bertumpuk  Nikon Z9 secara efektif menggunakan versi ultra-kuat daripada Nikon Z7 II yang memberikan resolusi 45,7 MP, tetapi chip bertumpuk guna Kecepatan membaca.

Resolusi ini menawarkan potensi pemangkasan yang jauh lebih besar daripada Canon EOS R3 24MP. Kelemahannya adalah kecepatan burst maksimum  sedikit lebih lambat daripada EOS R3 atau EOS R5. EOS R3 atau EOS R5 dapat mencapai 30fps saat mengambil foto RAW.

Baca Juga  Kualitas kamera Vivo X70 Pro ungguli iPhone 13! Cek disini!

 

Kesimpulan

Nikon Z9 memiliki kinerja mirrorless yang mengesankan di dalamnya, dan pastinya terasa seperti DSLR Nikon unggulan. Dan itulah kombinasi yang telah ditunggu-tunggu oleh banyak fotografer profesional.

Semoga ulasan diatas dari user tekno.com bermanfaat bagi anda.

Terimakasih sudah berkunjung:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *