TERUPDATE! Samsung luncurkan chip Exynos 2200 bersama Samsung Galaxy S22 tahun ini.

Samsung digosipkan telah menunda peluncuran chipset andalannya Exynos 2200. Namun, diumumkan pada bulan Februari bahwa chipset ini akan muncul di Galaxy Unpacked bersama dengan seri Galaxy S22.

Informasi ini belum dikonfirmasi, namun Exynos 2200 sebelumnya digadang-gadang jadi otak dari Galaxy S22 versi internasional.

“Kami berencana untuk mengumumkan prosesor aplikasi terbaru  dengan peluncuran smartphone baru Samsung. Seperti yang dilaporkan Business Korea, sejauh ini tidak ada masalah dengan produksi  dan kinerja prosesor,” kata juru bicara Samsung.

 

Jika mentilik dari Digital Trends, Jumat (14 Januari 2022), Samsung berencana mengumumkan chipset andalan terbarunya, Exynos 2200, awal pekan ini. Namun, acara rilis tidak di adakan dan pengumuman yang diposting pada akun Twitter Samsung Semiconductor sendiri (@SamsungDSGlobal) dihapus secara diam-diam.

Oleh karena acara puluncuran Exynos 2200  dikabarkan tak ada, rumor tentang penundaan keberadaan Exynos 2200 juga muncul di kalangan pengamat teknologi. Beberapa percaya Samsung telah membatalkan rilis chipset Exynos 2200

 

Galaxy S22  siap didukung chipset Snapdragon

 

Tentu saja, mengingat kekurangan industri semikonduktor global, berita penundaan atau pembatalan sangat relevan. Bahkan,  beberapa analis mengklaim Galaxy S22 hanya akan dirilis  di chipset Qualcomm tanpa  varian Exynos, selain isu penundaan rilis Exynos 2200.

Ada juga informasi bahwa Samsung telah memutuskan untuk pisahkan sambungan Exynos 2200 dari paket Galaxy S22 dan  memuatnya di smartphone lain.

Sehingga ada yang mengatakan, Galaxy S22 nantinya hanya dapat bekerja dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen1 di semua pasar.

Sebagai referensi, Samsung biasanya merilis smartphone flagship yang mendukung dua chipset berbeda. Qualcomm untuk pasar AS dan Exynos untuk negara lain termasuk Indonesia. Padahal, harus kita akui bahwa tidak semua konsumen senang dengan Exynos. Selain itu, setiap tahun, beberapa pelanggan  melaporkan bahwa perangkat dengan Exynos cenderung memperlambat dan memanaskan perangkat mereka.

Baca Juga  Tips Ampuh!! Begini Cara mengatasi hp xiaomi yang terkunci karena akun MI nyangkut / lupa kata sandi

Di sisi lain, prosesor Tensor Google  yang digunakan dalam seri Pixel 6, yang dibuat dengan bantuan Samsung, sangat mirip dengan Exynos 2100. Menurut analisis AnanTech, chipset Tensor Google  memiliki kelemahan yang sama dengan prosesor  Samsung.

Oya, Exynos 2200 sepertinya sudah lama ditunggu-tunggu, apalagi chipset tersebut dikatakan memiliki GPU AMD yang menggunakan arsitektur RDNA2. Dengan peningkatan performa grafis, performa Exynos 2200 kini sekelas dengan prosesor Qualcomm Snapdragon  yang didukung oleh Adreno dan Apple Bionic A series.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *