Sikapi rencana pajak ekspor untuk nikel. Ini dia rekomendasi saham Aneka Tambang (ANTM).

PT Aneka Tambang Tbk – Pemerintah saat ini menyumbang sekitar 17% dari penjualan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).

Meski rincian tarif pajak belum dirilis, analis BRI Danarexa Sekultias Hasan Barracwan melakukan analisis skenario dampak pendapatan ANTM dalam studinya.

“Perhitungan terakhir kami menunjukkan bahwa pajak ekspor feronikel tidak  terlalu membebani laba bersih ANTM,” katanya dalam studinya, Jumat (14/01).

Namun dia masih menunggu gambaran yang lebih jelas mengenai pajak ekspor ini.  Mengutip skenario yang dijelaskan dalam studinya, tekanan laba ANTM bervariasi dari minimal 2,3% hingga maksimal 11,6% jika pajak ekspor yang dikenakan antara 1% hingga 5%.

Jumlah bijih nikel diperkirakan akan meningkat seiring dengan peningkatan kapasitas terpasang smelter nikel. Dia yakin ANTM akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan kapasitas smelter nikel di Indonesia. Hal ini akan mempengaruhi peningkatan penjualan bijih nikel.

Sebagai acuan, Indonesia berencana menambah  230.000 ton smelter nikel pada 2022 dan 170.000 ton lagi pada 2023. Akibatnya, penjualan bijih nikel pada 2022 diperkirakan meningkat 10% year-on-year menjadi 8,8 juta ton. Lonjakan ini diharapkan dapat menghasilkan pendapatan hingga Rs 33 triliun.

Permintaan stainless steel dan non-stainless steel diperkirakan akan tumbuh masing-masing sebesar 9,9% dan 9,6%. Lonjakan ini didorong oleh pertumbuhan yang kuat karena pemulihan ekonomi pasca PSBB. Sementara itu, pasar nikel diperkirakan akan sedikit lebih ketat tahun ini  karena peraturan energi China masih memotong pasokan nikel.

Melihat situasi yang masih menjanjikan, BRI Danareksa Sekuritas tetap merekomendasikan pembelian ANTM dengan target harga Rp 3.000 per saham. Seperti diketahui, Antm diharapkan bisa menghasilkan pendapatan hingga Rp33,38 triliun pada 2022 dan pendapatan bersih Rp2,75 triliun.

Baca Juga  Ini Daftar Aplikasi saham terbaik OJK yang harus anda Ketahui!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *