PRIVATE CLOUD ITU APA SIH? YUK KITA JELAJAHI LEBIH DALAM!

Apakah Anda bertanya-tanya apa itu server cloud pribadi? Bingung tentang perbedaan antara komputasi awan pribadi dan hosting awan publik, dan tidak yakin layanan atau solusi mana yang Anda butuhkan?
Komputasi awan memiliki manfaat untuk berbagai jenis organisasi, tetapi seperti halnya dengan banyak teknologi baru dan kuat, mudah bagi mereka yang mempertimbangkan untuk mengadopsi awan untuk terjebak dalam hype yang mengelilinginya.
Untuk mendapatkan manfaat penuh dari perpindahan ke cloud, organisasi harus membuat sejumlah keputusan penting.
Pertama, Anda harus memutuskan lingkungan cloud seperti apa yang akan diadopsi.
Sementara penyedia cloud publik hyperscale mencakup beberapa perusahaan terkenal dengan nama yang tidak asing, bagi banyak organisasi, cloud pribadi adalah pilihan yang lebih tepat.
Mari kita mulai dengan definisi untuk komputasi awan dan apa itu cloud publik vs server cloud pribadi.
Apa itu Komputasi Awan?
Dalam konteks komputasi, cloud mengacu pada “menyimpan dan mengakses data dan program melalui Internet alih-alih hard drive komputer Anda,” menurut PC Magazine . Server yang menyimpan data dan menjalankan program biasanya di-host oleh penyedia layanan cloud.
Apa itu Awan Publik?
Awan publik didefinisikan oleh Gartner sebagai “gaya komputasi di mana kemampuan TI yang dapat diskalakan dan elastis disediakan sebagai layanan kepada pelanggan eksternal yang menggunakan teknologi Internet.” Ini umumnya ditawarkan pada model bayar per penggunaan dan sebagai lingkungan multi-penyewa, yang berarti data untuk beberapa organisasi dapat berada di server fisik yang sama.
Meskipun hal ini dapat menciptakan skala ekonomi dan penghematan biaya, hal ini tidak selalu terjadi, seperti yang dibahas di bawah ini.
Apa itu Private Cloud?
Server cloud pribadi adalah lingkungan yang terisolasi dan aman yang terdiri dari sumber daya yang dikumpulkan dari beberapa server menggunakan virtualisasi.Jenis cloud ini hanya tersedia untuk organisasi tertentu daripada masyarakat umum dan, pada saat yang sama, memastikan bahwa organisasi tersebut cukup terisolasi satu sama lain. Hal ini umumnya ditawarkan sebagai sewa bulanan.
Private cloud menawarkan fleksibilitas, penghematan biaya, keamanan, dan manfaat kontrol. Manfaat ini sangat berharga untuk bisnis dengan beban kerja yang dapat diprediksi atau persyaratan penyesuaian dan bisnis di industri yang diatur.
5 Manfaat Cloud Pribadi
Lima manfaat utama yang dapat diperoleh organisasi dengan menjalankan sistem TI mereka di lingkungan server cloud pribadi adalah peningkatan pemanfaatan sumber daya, pengurangan biaya, peningkatan keamanan, kepatuhan terhadap peraturan, dan lebih banyak fleksibilitas.
1. Peningkatan Pemanfaatan Sumber Daya
Banyak manfaat dari private cloud disampaikan oleh teknologi virtualisasi yang mendasari semua jenis komputasi awan. Sebagian besar server kurang digunakan, dan virtualisasi menyediakan pengguna cloud pribadi dengan pemanfaatan sumber daya yang ditingkatkan , yang berarti beban kerja dapat digunakan ke server fisik yang berbeda karena permintaan berubah dari layanan. Atau, sumber daya yang didedikasikan untuk server tertentu juga dapat disesuaikan untuk memenuhi tuntutan perubahan aplikasi tertentu.
2. Pengurangan Biaya
Fleksibilitas dan pemanfaatan sumber daya yang ditingkatkan ini dapat membantu organisasi memastikan kinerja aplikasi, tetapi juga mengurangi biaya dengan memaksimalkan server mereka. Lingkungan cloud pribadi tidak hanya akan menghemat uang dibandingkan lingkungan lokal tradisional, tetapi untuk beberapa organisasi, biayanya lebih murah daripada lingkungan cloud publik.
Biaya rendah umumnya dianggap sebagai manfaat utama layanan cloud publik, dan tidak diragukan lagi memberikan penghematan biaya bagi beberapa organisasi. Netflix, misalnya, tidak berada dalam industri yang diatur secara ketat, sebagian besar menjalankan satu jenis beban kerja, dan penggunaannya terus berfluktuasi di setiap zona waktu di seluruh dunia.
Komputasi awan pribadi, terutama jika dijalankan pada VMware khusus penyewa tunggal, sebenarnya lebih murah untuk banyak bisnis, seperti yang ditunjukkan oleh studi terbaru dari 451 Research . Para ahli menyarankan bahwa sebagian besar karena biaya tersembunyi, termasuk bandwidth jaringan, bisnis sering tidak mengetahui total biaya kepemilikan (TCO) cloud publik sampai tagihan tiba, dan penelitian menunjukkan bahwa 41 persen pengambil keputusan TI menemukan awan pribadi mereka lebih murah daripada awan publik yang sebanding . Lebih lanjut, 24 persen mengatakan mereka membayar premi sebesar 10 persen atau kurang untuk private cloud mereka, yang sangat berharga bagi organisasi yang mendapatkan keuntungan dari keuntungan lain dari private cloud.
3. Peningkatan Keamanan
Statistik keamanan yang membandingkan lingkungan cloud bisa jadi kontradiktif atau menyesatkan, karena pilihan metodologis seperti mengelompokkan lingkungan cloud pribadi di tempat dan dihosting bersama-sama, atau membandingkan lingkungan yang berbeda tanpa mempertimbangkan berbagai jenis organisasi yang menggunakannya (seperti yang dieksplorasi di bawah). Namun, para profesional TI memiliki pandangan yang jelas, karena penelitian oleh vendor keamanan Ixia menunjukkan 90 persen dari mereka mengkhawatirkan keamanan data dan aplikasi di cloud publik.
Pada akhirnya, pakar keamanan cenderung merekomendasikan cloud pribadi karena dapat memberikan keuntungan keamanan dibandingkan cloud publik . Sementara lingkungan cloud mana pun memerlukan perlindungan antivirus dan firewall yang kuat, cloud pribadi berjalan pada mesin fisik tertentu, yang membuat keamanan fisiknya lebih mudah untuk dipastikan. Akses cloud juga lebih aman dengan lingkungan cloud pribadi karena diakses melalui tautan jaringan pribadi dan aman, daripada Internet publik.
4. Kepatuhan Peraturan
Popularitas lingkungan cloud pribadi untuk organisasi dengan masalah kepatuhan sebagian karena manfaat keamanan dan kontrolnya. Alasan lainnya adalah bahwa penyedia layanan yang menawarkan cloud pribadi yang dihosting dapat membantu mengatasi elemen kepatuhan yang signifikan seperti Hosting yang Sesuai dengan HIPAA dan Hosting yang Sesuai dengan PCI . Beberapa organisasi mungkin tidak punya banyak pilihan selain memanfaatkan cloud pribadi untuk mendapatkan keuntungan dari komputasi awan sambil tetap mempertahankan kepatuhan terhadap peraturan.
5. Lebih Fleksibilitas
Organisasi yang bermigrasi dari sistem lama di lokasi sering kali mengalami kesulitan untuk menerapkan beban kerja mereka ke cloud publik, karena tidak dapat disesuaikan untuk mendukung aplikasi apa pun.
Migrasi yang berhasil sangat penting untuk mencapai manfaat yang diinginkan dari lingkungan baru, dan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dari migrasi ke cloud pribadi adalah penyebab potensial lain dari TCO yang lebih rendah daripada cloud publik.
Lingkungan Private Cloud Liquid Web dibangun menggunakan beberapa node dan dengan demikian memberikan redundansi untuk lingkungan, tidak menyebabkan waktu henti, dan secara signifikan meningkatkan waktu pemulihan bencana . Kemampuan ini memungkinkan Liquid Web untuk menyediakan Service Level Agreements (SLA) dengan jaminan 100% untuk semua private cloud.
Siapa yang Harus Menggunakan Private Cloud?
Setelah organisasi menentukan kebutuhan dan prioritas cloud-nya, organisasi tersebut dapat menentukan apakah komputasi cloud pribadi adalah jenis lingkungan TI yang tepat.
Kepatuhan HIPAA yang Diperlukan
Untuk beberapa organisasi, cloud pribadi akan menjadi satu-satunya pilihan realistis untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan. Misalnya, HIPAA mengharuskan informasi kesehatan yang dilindungi secara elektronik (ePHI) dibuat, diterima, disimpan, dan dikirimkan dengan cara yang menjamin kerahasiaan, integritas, dan ketersediaannya.
Perlindungan keamanan dan privasi HIPAA diperluas oleh Health Information Technology for Economic and Clinical Health Act (HITECH). Liquid Web disertifikasi HITECH oleh auditor pihak ketiga , memberikan jaminan kepada organisasi bahwa lingkungan cloud pribadi mereka memenuhi standar yang ditentukan oleh Aturan Privasi dan Aturan Keamanan HIPAA.
VMware Private Cloud Liquid Web menawarkan Acronis Cyber ​​Backup serta layanan keamanan lain yang tersedia untuk memenuhi persyaratan kepatuhan.
Penggunaan Server yang Dapat Diprediksi
Selain mereka yang memiliki HIPAA atau masalah kepatuhan lainnya, organisasi dengan permintaan sumber daya yang relatif dapat diprediksi dan konsisten harus mempertimbangkan untuk menggunakan cloud pribadi . Organisasi-organisasi tersebut kemungkinan besar dapat memaksimalkan sumber daya mereka, dan oleh karena itu membelanjakan cloud, dan cenderung tidak memanfaatkan sepenuhnya elastisitas yang merupakan salah satu kekuatan utama cloud publik.
Kebutuhan akan Fleksibilitas
Awan pribadi juga harus dipertimbangkan oleh organisasi yang dapat mengambil manfaat dari peningkatan fleksibilitas lingkungan virtual. Banyak organisasi, khususnya di antara bisnis menengah dan besar, menjalankan berbagai aplikasi yang berbeda, masing-masing berada pada perangkat kerasnya sendiri.
Virtualisasi server yang menjalankan aplikasi tertentu, seperti email, memungkinkan organisasi untuk menambah atau mengurangi sumber daya yang tersedia untuk itu. Hal ini memungkinkan peningkatan kinerja, karena server yang menjalankan aplikasi yang lebih intensif sumber daya dilengkapi dengan lebih banyak daya komputasi atau memori.
Ini juga memberikan penghematan biaya, karena sumber daya yang meningkat diambil dari server yang kurang dimanfaatkan, daripada disewakan atau dibeli secara terpisah.
Untuk menentukan penerapan cloud apa yang diperlukan, organisasi harus mengevaluasi:
Kebutuhan fleksibilitas.
Kebutuhan keamanan.
Persyaratan kepatuhan.
Biaya.
Aplikasi yang digunakan.
Lingkungan yang cocok.
Kapasitas organisasi.
Sebuah kualitas awan penyedia layanan yang menawarkan solusi host awan privat dapat membantu dengan evaluasi ini, dan membuat rekomendasi spesifik untuk organisasi.
Siap Menyebarkan Private Cloud?
VMware Private Cloud Liquid Web memberi Anda kinerja cloud pada infrastruktur perusahaan yang cepat dan aman. Ini seperti memiliki pusat data pribadi Anda sendiri yang terkelola sepenuhnya, mudah dipindahkan, menampilkan login yang dipersonalisasi, dan bekerja dengan model penetapan harga yang sederhana dan transparan. Ini sangat ideal untuk reseller, agensi, dan perusahaan. Hosting Dedicated Server Liquid Web juga memungkinkan kami untuk bermitra dengan tim TI Anda untuk merancang solusi hosting yang disesuaikan dengan kebutuhan cloud hosting pribadi Anda.

Baca Juga  5 Sertifikasi AWS, GCP, dan Azure Cloud Computing Terbaik yang ditargetkan pada tahun 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *